RESUME PERILAKU KONSUMEN

Konsumen adalah mereka yang memilki pendapatan (uang) dan menjadi pembeli barang dan jasa di pasar.
Terdapat 2 teori pendekatan untuk mempelajari perilaku konsumen
dalam mengkonsumsi suatu barang:
1. Pendekatan Kardinal
2. Pendekatan Ordinal

Perilaku konsumen didasari oleh Motif, Motivasi dan kebutuhan konsumen.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen:
• Kekuatan Sosial Budaya
• Budaya
• Kekuatan Faktor Psikologis
• Faktor Sikap Dan Keyakinan
• Konsep Diri
Status / Penghargaan yang diberikan oleh masyarakat
Ada 3 faktor :
1). Faktor – Faktor Pribadi :
a. Umur dan Tahap daur Hidup
b. Pekerjaan
c. Situasi Ekonomi
d. Gaya Hidup –> Pola kehidupan seseorang yang diwujudkan dalam aktivitas, interest dan opininya. Gaya hidup akan mencakup sesuatu yang lebih dari sekedar kelas sosial atau keperibadian seseorang dan gaya hidup akan menampilkan pola beraksi dan berinteraksi seseorang secara keseluruhan di dunia.
e. Kepribadian dan Konsep diri –> Kepribadian: karakteristik psikologi unik dari seseorang yang menyebabkan respons yang relatif konsisten dan bertahan lama terhadap lingkungan dirinya sendiri.
2). Faktor Faktor Psikologi
a. Motivasi adalah suatu kebutuhan yang cukup untuk mendorong seseorang untuk bertindak
b. Persepsi –> Proses yang dilalui orang dalam memilih, mengorganisasikan dan mengintepretasikan informasi guna membentuk gambaran yang berarti mengenal dunia.
c. Pengetahuan –> Perubahan dalam perilaku individual yang muncul dari pengalaman
d. Keyakinan dan sikap –> Keyakinan: pemikiran deskriptif yang dimiliki seseorang mengenai sesuatu
Perilaku konsumen menurut saya sangat beraneka ragam, ada aja konsumen yang sangat up to date terhadap produk-produk terkini, dikarenakan mereka lebih mementingkan pricetice semata, tetapi tidak semua konsumen berperilaku seperti itu, yaitu mereka termasuk golongan yang lebih mengutamakan kegunaan.

0 komentar:

Posting Komentar